From Page to Screen; Mendukung Lahirnya Skenario Film dari Buku

Tingginya gairah para sineas untuk mengangkat karya sastra menjadi film berkualitas mendorong Komite Buku Nasional (KBN) mengadakan pelatihan dan temuwicara mengenai adaptasi karya tulis ke layar lebar Diawali dengan proses seleksi, KBN telah menetapkan 10 karya tulis terpilih untuk diikutsertakan dalam pelatihan pitching.

Seleksi ini ditujukan untuk penerbit dengan kriteria bahwa buku karya si penulis mestilah berpotensi untuk di filmkan karena akan berdialog kemungkinan visual di dalam dunia film. Pilihan karya merupakan hak prerogatif tim juri. Satu penerbit dapat mengirimkan maksimal tiga judul dari tiga penulis berbentuk PDF dan dikirimkan melalui email kepada panitia.

Pengumuman di lakukan secara semi terbuka . Para penulis juga diharapkan dapat berbahasa Inggris karena panitia tak menyediakan penerjemah. Panitia tak membatasi tema karya tulis yang di ajukan selama tak mengandung unsure SARA.

Komite Buku Nasional

Foto : Press Conference, Kamis pagi, (29/9), Aula Graha, Ged A. Lt.2, Komp. Kemendikbud, Senayan. Jakarta.

Para penulis ini akan di pertemukan dengan dua produser film Jerman yang menjadi narasumber yaitu Nicole Gerhard dan Johannes Rexin.

Dengan tema “From Page to Screen”  KBN bekerjasama dengan kementrian Pendidikan dan kebudayaan, Badan Ekonomi Kreatif. Serta didukung oleh Assosiasi Produser Film Indonesia, Frankfurt Book Fair dan Goethe Institut Jakarta, akan menggelar acara ini pada acara ini pada 29 dan 30 September 2016. Kedua kegiatan ini diselenggarakan  di Aula Graha  Lt. 2 Gedung A, Kompleks kemendikbud di senayan, Jakarta.

Pada hari pertama (29/9), akan diadakan sharing session yaitu temuwicara untuk berbagi pengalaman antara produser film jerman dan Indonesia dengan masyarakat kreatif Indonesia yang bergerak dalam bidang penerbitan kepenulisan dan perfilman.

Acara akan terbagi dua sesi : sesi pertama yaitu berbagi pengalaman mengenai adaptasi karya sastra ke dalam film dari pihak Indonesia dan sesi selanjutnya dari pihak jerman.

Pada hari kedua (30/9) adalah pitching forum yang akan memberi kesempatan kepada 10 penulis atau penerbit yang lolos seleksi untuk melakukan latihan presentasi penawaran buku (pitching) kepada kedua produser asing. Tujuan dari acara ini adalah sebagai ruang belajar bagi para penulis, penerbit, produser film untuk terbiasa dengan proses pitching dengan produser dari luar negeri. (r/p)

 

 

 

 

About

POST YOUR COMMENTS