Kisah Si Tukang Insinyur Yang Jadi Gubenur

Newswartasatu.com – Pada acara peluncuran meluncurkan buku biografi Rano Karno: SI Doel, Minggu siang, (2/10), yang di selenggarakan oleh Penerbit Gramedia Pustaka Utama, pada acara International Book Fair (IBF), Jakarta Convention Center, Jakarta.

Buku ini menuturkan perjalanan hidup Rano Karno. salah satu sosok yang dikenal baik oleh masyarakat indonesia. mulai dari kiprahnya di dunia seni, hingga akhirnya sukses menekuni dunia politik.

Rano Karno. yang lahir di Jakarta. 8 Oktober 1960, mengawali perjalanan kariernya sebagai seorang aktor, penyanyi dan sutradara. ia terkenal pada tahun 1970-an dan 1980-an sebagai aktor melalui sejumlah film seperti “Rio Anakku“, “Gita Cinta dari SMA”, dan “Taksi”. Perannya sebagai Doel dalam sinetron “Si Doel Anak Sekolahan” melambungkan namanya pada dekade 90-an.

Rano Karno

Foto : Rano Karno pada saat peluncuran buku biografi Rano Karno: SI Doel, Minggu siang, (2/10), pada acara International Book Fair (IBF), Jakarta Convention Center. Jakarta.

Karier berpolitik Rano sebenarnya sudah dimulai sejak ia menjadi anggota MPR Ri tahun 1997-2002, dari Fraksi Utusan Golongan perwakilan artis. ia juga pernah jadi duta khusus UNICEF dalam bidang pendidikan. Tekadnya semakin bulat untuk terjun penuh ke dunia politik saat ia terpilih sebagai Wakil Bupati Kabupaten Tangerang periode 2008-2013.

Jabatan sebagai Wakil Bupati tidak diemban Rano sampai akhir periode, karena ditahun 2011 Ia terpilih menjadi Wakii Gubernur Banten periode 2012-2017. Pada Desember 2013, Hj. Ratu Atut Chosiyah dinonaktifkan sebagai Gubernur Banten, Rano kemudian ditugaskan menjadi Gubernur Banten definitif sejak Agustus 2015 hingga Januari 2017. 12 Agustus 2015 Rano Karno resmi dilantik sebagai Gubernur Banten setelah sebelumnya hanya menjabat sebagai Pit. Gubernur Banten.

Rano Karno menuturkan “saya berpikir lama, apakah perlu menuliskan kisah hidup saya ini. Apa menariknya? Untuk tujuan apa? Apalagi sekarang jadi Gubernur Banten. Siapa tahu nanti orang-orang menuduh saya sedang kampanye. Tapi, ah, gue kagak peduli. Kesampingkan dulu masalah itu. Saya ingin orang – orang tahu, bahwa ada perjalanan hidup yang sangat panjang hingga saya bisa sukses berkarier di film dan politik sampai seperti sekarang ini.” (Sari)

About

POST YOUR COMMENTS