P&G lndonesia Gandeng lndomaret Sumbang 22 Juta Liter Air Bersih Layak Minum ke Wilayah Kalimantan Barat

Newswartasatu.com, JAKARTA – Procter & Gamble, produsen Pantene, Downy, Pampers dan produkproduk perawatan pribadi dan rumah tangga ternama di dunia, mendonasikan 22 juta liter air bersih di lndonesia melalui program non-profit Children’s Safe Drinking Water (P&G CSDW). Program ini telah dilaksanakan sejak tahun 2004 dan telah membagikan lebih dari 11 miliar liter air layak konsumsi kepada masyarakat di 85 negara melalui inovasi yang terdapat pada P&G Purifier of Water. Bubuk Purifier of Water dalam kemasan sachet ini bekerja dengan mengikat dan memisahkan kotoran yang terdapat di dalam air kotor dalam waktu 30 menit, yang setelah proses pemurnian dan penyaringan menghasilkan air bersih yang dapat langsung diminum.

Di lndonesia, hingga pertengahan 2016, CSDW telah berbagi lebih dari 175 juta liter air layak konsumsi sejak masuknya program ini di Indonesia pada saat tsunami di Aceh tahun 2004 , kemudian berlanjut ketika gempa bumi di Yogyakarta tahun 2006, gempa bumi di Padang tahun 2009, erupsi gunung Merapi di Jawa Tengah tahun 2012 dan komitmen P&G Berbagi ASA dan CSDW yang membagikan Purifier of Water di Nusa Tenggara Timur sejak tahun 2015 hingga 2018.

P n G Indonesia

Untuk program CSDW kali ini, Procter & Gamble (P&G) menggandeng PT. lndomarco Prismatama (lndomaret) dan Wahana Visi lndonesia mengadakan program Berbagi Air Bersih. Program yang telah berlangsung dari tanggal 1 Agustus 2016 sampai dengan 30 September 2016 ini berhasil menarik konsumen lndomaret untuk berbelanja sambil berdonasi. Setiap pembelanjaan produkproduk P&G seperti Pantene, Head & Shoulders, Rejoice, Downy, Gillette, Pampers dan Ambipur di lndomaret seluruh lndonesia, konsumen berarti ikut menyumbangkan air bersih layak konsumsi untuk kebutuhan sehari.

Selama dua bulan program Berbagi Air Bersih ini berlangsung, P&G dan lndomaret telah berhasil mengumpulkan hingga 12 juta liter air bersih layak konsumsi yang akan disumbangkan ke wilayah di Kalimantan Barat. Pencapaian dari program ini jauh melebihi target awal 9 juta liter air sehingga P&G dengan sukarela menambahkan jumlah pemberian menjadi 22 juta liter air bersih untuk Kalimantan Barat. Pemilihan wilayah Kalimantan Barat ini berdasarkan data yang diberikan oleh Wahana Visi lndonesia, bahwa air yang tersedia di wilayah ini sulit didapatkan dan air layak diminum sangat minim. Sumber utama air yang digunakan adalah air hujan, air sungai dan sumber air permukaan .lainnya, yang kebanyakan sumber air tersebut terkontaminasi dan tercemar. Oleh karena litu, P&G ingin memberikan sumbangan berupa air bersih layak konsumsi ke daerah tersebut agar kontribusi yang diberikan tepat sasaran.

”P&G sangat peduli dengan perkembangan anak dan orang-orang yang membutuhkan di lndonesia. Melalui produk-produk P&G seperti Pantene, Head & Shoulders, Rejoice, Gillette, Pampers dan Downy, kami akan terus memberikan akses untuk mendapatkan air layak konsumsi serta edukasi kesehatan dan sanitasi ke daerah yang paling membutuhkan. Pada program Berbagi Air Bersih ini kami’ mentargetkan 9 juta ‘liter air bersih layak konsumsi disumbangkan, tapi hasil yang diperol‘eh melebihi apa yang kami rencanakan sebelumnya. Kami sangat berterima kasih kepada konsumen P&G yang ikut peduli dan ingin berbagi ke saudaraasaudara di wilayah yang masih kekurangan akses air bersih layak konsumsi”, jelas Nararya Soeprapto ~ Direktur Procter & Gamble Home Products Indonesia.

P & G

Donasi air bersih layak konsumsi akan diberikan pada masyarakat di Kalimantan Barat dalam bentuk P&G Purifier of Water, sebuah inovasi dan teknologi yang diciptakan oleh P&G yang mampu mengubah air kotor menjadi air bersih ‘Iayak konsumsi dalam waktu 30 menit.’Penyerahan donasi akan diberikan oleh P&G dan lndomaret kepada Wahana Visi Indonesia sebagai perwakilan dari masyarakat wilayah Kalimantan Barat yang membutuhkan.

”lndomaret peduli dengan saudara-saudara yang membutuhkan, yang sejalan dengan visi dari P&G. Persamaan visi inilah yang mendorong kami bekerja sama bersama membantu masyarakat membutuhkan. Selama dua bulan, program Berbagi Air Bersih berjalan dan mendapatkan respon yang sangat baik dari konsumen kami. Untuk itu kami sangat berterima kasih kepada para konsumen indomaret yang sudah berperan serta sehingga hasil yang diperoleh sangat memuaskan. indomaret tidak akan berhenti sampai disini, kami akan tetap membuka kesempatan untuk programeprogram sejenis iainnya bersama partner kami P&G”, jelas Gondo Sudjoni :Marketing Communication Executive Director PT. lndomarco Prismatama

”Tidak dapat disangkal air merupakan kebutuhan dasar yang sangat penting bagi manusia. Sayangnya belum semua masyarakat Indonesia bisa mendapatkan air bersih yang layak, sehingga rawan untuk terkena penyakit, salah satunya adalah diare. Angka diare untuk anak usia dibawah 5 tahun di lndonesia adalah 6,7% (Riskedas, 2013) Artinya 1 dari 14 anak usia dibawah 5 tahun menderita diare, dimana diare merupakan urutan kedua penyebab kematian anak usia dibawah 5 tahun di Indonesia. Wahana Visi lndonesia sudah iebih dari 20 tahun berkomitmen untuk dapat mewujudkan kesejahteraan seluruh anak-anak lndonesia. Melalui program bersama dengan P&G dan lndomaret, kami yakin akan ada banyak anakeanak di wilayah Melawi, Kalimantan Barat yang terbantu khususnya dalam mendapatkan air bersih yang layak untuk di konsumsi.” , ujar Agnes Wulandari – Interim National Resources Department Director Yayasan Wahana Visi lndonesia.

Walaupun Program Berbagi Air Bersih yang dilakukan oleh P&G bersama lndomaret telah berakhir, tapi P&G dengan program CSDW akan terus melanjutkan membuat program sejenis iainnya agar masyarakat di wilayah yang membutuhkan teredukasi dan dapat menikmati air bersih iayak konsumsi yang pada akhirnya membantu meningkatkan kehidupan yang berarti buat masyarakat yang dibantu. (FJR)

About

POST YOUR COMMENTS