Kasal Laksamana TNI Ade Supandi Pimpin Upacara Hari Armada RI 2016

Newswartasatu.com, JAKARTA – Puncak acara peringatan hari Armada RI yang jatuh pada tanggal 5 Desember 2016 berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya. Karena untuk pertama kalinya pelaksanaan upacara hari armada dilaksanakan di dermaga Kesatrian Pondok Dayung. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang eksistensi armada TNI Angkatan Laut di Jakarta.

Kasal Laksamana TNI, Ade Supandi mengatakan bahwa Armada RI adalah alat bagi sebuah negara dalam melindungi kepentingan nasionalnya. Armada.RI tetap menjadi sarana utama pencapaian tugas dan peran universal TNI Angkatan Laut. Hal ini sejalan dengan visi poros dunia. Hal tersebut di sampaikannya, senin pagi, (5/12), Komplek Satuan Koarmabar Pondok Dayung Tanjung Priok, Jakarta

Kasal Laksamana TNI Ade Supandi

Foto Kasal Ade Supandi Saat Jumpa Pers Hari Armada RI 2016 di Tanjung Priok, Jakarta, Senin (5/12/2016), sumber foto nusantarapos.co.id

“Armada RI di harus mampu hadir untuk melindungi lingkungan dan sumber daya laut, menjaga keamanan, menjamin keselamatan dan mempertahankan negara di laut,” tutur Ade.

Ade menjelaskan “bahwa upaya peningkatan efektifitas operasi komando armada RI memperoleh hasil yang signifikan hal ini terlihat dengan semakin singkatnya waktu penindakan dan turunnya kasus, terutama di Selat Malaka dan Selat Singapura.”

“Pembinaan personel harus dilaksanakan secara berlanjut dan meningkat kualitasnya. Upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan kesempatan kepada personel untuk mengikuti berbagai pendidikan, kursus dan latihan yang relevan dengan bidang profesi dan tugasnya baik di dalam dan luar negeri, termasuk menambah ilmu non profesi,” tuturnya.

Upacara tersebut diisi dengan berbagai kegiatan parade dan defile yang melibatkan Kompi Gabungan Perwira Wilayah Barat, Batalyon Upacara 1 Gabungan, Batalyon Upacara 2 Koarmatim, Batalyon Upacara 3 Koarmabar, Batalyon Upacara 4 Kolinlamil, Batalyon Upacara 5 Kormar, Batalyon Upacara 6 Gabungan, Batalyon Upacara 7 Pasukan Khusus dan Kompi Upacara Pegawai Negeri Sipil.

Setelah upacara, acara dimeriahkan dengan demonstrasi gerak dan lagu perpaduan kolosal yang melibatkan gabungan dari prajurit dan PNS TNI AL wilayah Barat serta ibu-ibu Jalasenastri Armada Barat.

Terakhir, dimeriahkan pula oleh demonstrasi halang rintang yang diperagakan prajurit dari Pasukan Katak Koarmabar, Dislambairarmabar, Mako Koarmabar dan KRI. (r/p)

 

 

About

POST YOUR COMMENTS