Sertijab Kepala Staff Angkatan Udara

Sertijab

Newswartasatu.com, JAKARTA – Pada acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) dari Marsekal TNI Agus Supriatna kepada Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang digelar di Lanud Halim Perdanakusuma. Dengan upacara kemiliteran yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo selaku inspektur upacara.

Dari pantauan team redaksi newswartasatu.com pada pukul 08.45, prajurit yang bertugas sebagai pemain drum band mulai melantunkan lagu militer. Tidak lama kemudian, instruksi kepada para tentara disampaikan agar mereka memasuki lokasi Taxy Way Echo Lanud Halim Perdana Kusuma.

Kedua Marsekal TNI yang melakukan serah terima jabatan juga turut menuju tempat upacara disusul Jenderal Gatot. Hormat senjata dan berdirinya para undangan dilakukan saat memasuki agenda penghormatan kepada Panji-Panji TNI AU.

Kemudian, sertijab dilaksanakan dengan penyerahan Panji-Panji TNI AU dari KSAU lama yakni Marsekal TNI Agus Supriatna kepada Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dengan perantara Jenderal Gatot Nurmantyo. Penyematan tanda jabatan dan penandatanganan Sertijab KSAU menjadi puncak dari upacara militer tersebut

“Telah menerima tugas, wewenang, tanggung jawab jabatan Kepala Staf Angkatan Udara. Selanjutnya siap melaksanakan tugas. Laporan selesai,” ucap Hadi.

Hadi merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1986. Pria kelahiran Malang, 8 November 1963 itu sempat menempati beberapa jabatan strategis di TNI AU. Hadi sempat menjabat Perwira Menengah Dinas Administrasi dan Personel TNI AU.

Suami Nanik Istumawati itu melanjutkan tugas sebagai Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Adi Sumarmo Boyolali, Jawa Tengah pada 2010-2011. Jabatan Direktur Operasi dan Latihan Basarnas juga pernah diembannya pada 2011-2013.

Kariernya semakin melesat dengan menjabat Kepala Dinas Penerangan TNI Au pada 2013-2015. Bapak dari Hanica Relingga Dara Ayu dan Handika Relangga Bima Yogatama itu kembali memimpin Pangkalan Udara sebagai Danlanud Abdulrahman Saleh, Malang pada 2015.

Hadi mendapat pangkat Marsekal Muda dan langsung menjabat sebagai Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres) pada 2015-2016). Terakhir, Hadi dipindahtugaskan sebagai Irjen Kemenhan serta kenaikan pangkat menjadi Marsekal Madya pada 2016. Sampai akhirnya dilantik menjadi KSAU menggantikan Marsekal Agus Supriatna. (SARI)

 

About

POST YOUR COMMENTS